Polisi Ungkap Pabrik Tabung Ilegal

Selasa, 20 Juli 2010 21.57 By SPPBE PT. TRIJAYA ADYMIX

Polisi Ungkap Pabrik Tabung Ilegal
Jumat, 9 Juli 2010 | 07:53 WIB
KOMPAS/SOELASTRI SOEKIRNO
Petugas Kepolisian Daerah Metro Jaya, Kamis (8/7), memeriksa potongan baja untuk membuat tabung gas isi 12 kg di pabrik pembuatan tabung gas ilegal di kompleks Pergudangan Sentra Kosambi, Tangerang. Di tempat itu ditemukan juga ribuan komponen pembuat tabung gas isi 3 kg.
TERKAIT:

* Disperindag Gagal Sita Puluhan Tabung
* JK: Ledakan Tabung Bukan karena Konversi
* Warga Minta Pertamina Tarik Tabung 3 Kg
* Ribuan Tabung Gas Tiga Kilogram Rusak

JAKARTA, KOMPAS.com — Satuan I Industri dan Perdagangan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Polres Metro Tangerang Kabupaten menggerebek pabrik tabung gas ilegal di Kompleks Pergudangan Sentra Kosambi, Kabupaten Tangerang. Polisi menangkap Sony, pemilik PT Jaya Maju Multi Komperindo, dan menetapkannya sebagai tersangka kasus produksi tabung ilegal, tapi memiliki cap Standar Nasional Indonesia atau SNI.

Kepala Satuan Industri Perdagangan Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Sandi Nugroho, Kamis (8/7/2010), yang ditemui di tempat kejadian menyampaikan, pihaknya baru mulai memeriksa tersangka.

Penggerebekan ke pabrik itu dilakukan pada hari Selasa setelah polisi mengintai tempat tersebut selama tiga bulan.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Boy Rafli Amar secara singkat menjelaskan, pabrik itu beroperasi setahun terakhir. Setiap hari pabrik yang memiliki 70 karyawan itu memproduksi sekitar 15.000 tabung gas ukuran 3 kilogram. Tabung produksi PT JMMK itu dipasarkan di wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan harga Rp 70.000 per tabung.

Dari spesifikasinya, polisi menyimpulkan, tabung ilegal itu tidak sesuai dengan SNI karena perusahaan tersebut memang tak memiliki izin usaha industri untuk memproduksi tabung gas. ”Bahan material untuk membuat tabung gas bukan dari lembaga pemerintah yang ditunjuk, yakni PT Krakatau Steel,” ujar Boy.

Pabrik milik Sony itu terletak di kompleks pergudangan seluas lebih dari satu hektar. Dua bangunan pabrik berisi barang bukti berupa pelat baja yang sudah dipotong-potong untuk membuat tabung. Ada pula ribuan bagian tabung gas ukuran 3 kg yang siap dirangkai dan puluhan bahan tabung ukuran lebih besar, yang diperkirakan untuk membuat tabung gas ukuran 12 kg.

Dari adanya berbagai mesin untuk mencetak, membentuk tabung, membuat cap SNI, mengecat, dan merangkai (dengan mesin las) di dalam pabrik tersebut, dipastikan semua rangkaian pembuatan tabung dilakukan di tempat tersebut.

Penyidik masih akan meminta keterangan pihak yang menguasai soal spesifikasi tabung gas, baik ukuran 3 kg, 12 kg, maupun berat masing-masing tabung.

Garis polisi dipasang di bagian dalam dua pabrik untuk menandakan bahwa benda-benda di sana menjadi sitaan polisi untuk kepentingan penyelidikan.

Sebelumnya, Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya juga menangani kasus pembuatan tabung gas ilegal oleh PT Tabung Mas Murni Tangerang. Polisi menetapkan pimpinan perusahaan sebagai tersangka.

Pantau distribusi selang

Dari Bekasi dilaporkan, agar distribusi selang dan regulator elpiji ber-SNI sampai sasaran, aparatur Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kota Bekasi melibatkan camat seluruh Kota Bekasi untuk memantau penjualan selang dan regulator elpiji.

Di wilayah Kota Bekasi, pendistribusian selang dan regulator elpiji dilakukan sejak Rabu dan penjualannya dipusatkan di empat agen elpiji, antara lain di Bekasi Timur dan Mustikajaya.

”Selain memantau agar tak terjadi penyimpangan distribusi barang pemerintah, kami melibatkan camat untuk mengumpulkan basis data perdagangan, termasuk tentang barang-barang kebutuhan penting dan kegiatan usaha masyarakat,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kota Bekasi, Ridwan, kemarin.

PT Pertamina (Persero) secara bertahap mendistribusikan 10 juta paket selang dan regulator elpiji ber-SNI untuk dijual dengan sasaran masyarakat penerima paket konversi minyak tanah ke elpiji. Selang elpiji dijual Rp 15.000 per unit dan regulator elpiji Rp 20.000 per unit.

Untuk dapat membeli selang dan regulator elpiji baru dan dengan harga itu, peserta program konversi harus menukarkan selang dan regulator yang lama. (COK/TRI)

3 komentar:

PT.AMANAH AMAN TERPERCYA mengatakan...

PRIHAL :
PENAWARAN KERJASAMA UNTUK KONSULTAN PENGURUSAN JAMINAN ASURANSI DAN BANK GARANSI BISA TANPA COLLATERAL/AGUNAN PROSES CEPAT,MUDAH DAN BIAYA KOMPETITIF LEBIH MURAH

Yth Customer,
Bapak/ Ibu
Pimpinan /HRD/finance dept perusahaan
di
Tempat

Dengan hormat,
Perkenalkan kami Dari PT. ANUGRAH LUAS JAYA,Bersertifikat AAUI No.0611 000 8421, No Akte Pendirian 150 dan SIUP No 5027-01/1.824.271 Perusahaan kami Telah Resmi Ditunjuk Untuk Memasarkan Produk Bank Garansi & Surety Bond Bisa Tanpa Agunan (Non Collateral). Adapun Jaminan Bank garansi & Asuransi Yang kami Tawarkan Telah Diterima di instansi Pemerintah dan Swasta serta sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Adapun jenis jaminan yang kami tawarkan adalah sebagai berikut:

DAFTAR JAMINAN:

Jaminan Penawaran (Bid Bond)
Jaminan Pelaksanaan (Performance Bond)
Jaminan Uang Muka (Advance Payment Bond)
Jaminan Pemeliharaan (Maintenance Bond)
Jaminan Pembayaran Akhir Tahun (SP2D)
Jaminan Contractor ALL RISK (CAR)
Jaminan Custom Bond
Jaminan Property ALL RISK (PAR)
Jaminan Erection ALL RISK (EAR)
Jaminan Marine Hull Insurance (MH)
Jaminan Cargo
Jaminan Workman Compensation Liability (WCL)
Jaminan Conprenshive General Liability (CGL)
Jaminan Automobile Liabelity (AL)
Jaminan Asuransi Kebakaran (Fire Insurance)
KMK (KREDIT MODAL KERJA)
DAN ASURANSI UMUM LAINNYA

Demikianlah perkenalan singkat dari kami, besar harapan kami untuk dapat berkerjasama dengan perusahaan Bapak/ Ibu dan semoga ini langkah awal untuk menjalin kerjasama yang baik dan berkesinambungan di masa akan datang dan atas perhatian kami ucapkan terimakasih.Adapun sebagai bahan pertimbangan bapak/ibu berikut ini saya lampirkan proposal penawaran penerbitan surety bond (asuransi) dan bank guarantee (bank garansi). Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
PT. ANUGRAH LUAS JAYA

ttd

MELYAN SONATA
Telp (021) 42888259
Fax (021) 42888256
Mobil 085736366719
WhatsApp 085736366719

Email: pt.mjs99@gmail.com
Office:Jl.Swadaya III No.45A Kel.Cempaka Baru Kec.Kemayoran Jakarta–Indonesia (10640)

18 Juni 2018 pukul 04.17
PT.ENOVASI BERSERI AMANAH mengatakan...

Kepada Yth,
Perusahaan Pemerintah BUMN & Swasta
PT, LTD, TBK
Up : Pimpinan/Finance Manager
Froom : FEBRY FRANSISCO S.Kom
WA/Tlp : 0813-8571-2097 /(021) 4754_596
Perihal : Penawaran Jasa Penerbitan Bank Garansi & Surety Tanpa Agunan

JAMINAN SP2D (JAMINAN AKHIR TAHUN)

Bersama ini Saya FEBRY FRANSISCO, Mewakili PT. MITRA KAUR PERMAI (PT. MKP),
Bermaksud ingin mengajukan Penawaran Kerjasama untuk Layanan Jasa Penerbitan Jaminan Proyek / Pekerjaan berupa sertifikat Penjaminan Bank Garansi & Surety Bond Tanpa agunan 100% dan General Insurance ( Asuransi Umum ). Bank Garansi & Surety Bond sangat diperlukan bagi Perusahaan Jasa Konstruksi / Non Konstruksi dalam melengkapi persyaratan teknis dalam mengikuti Tender / Lelang, Pelaksanaan Pekerjaan, Pembayaran uang muka dan Pemeliharaan Pekerjaan serta Jaminan Pembayaran SP2D untuk akhir tahun anggaran.

10 Januari 2020 pukul 07.43
Zeki Saputra mengatakan...

No.999/SMB/PENW/BG-AS/.2019
Kepada Yth,
Perusahaan Kontraktor Supplier & Jasa lainnya...
DI – TEMPAT
Up : Pimpinan/Finance
From : Zeki Saputra
Parihal : Penawaran Penerbitan Bank Garansi,Asuransi & Jaminan SP2D Dana Akhir Tahun Tanpa Agunan / Non Collateral

Dengan Hormat,
Perkenalkan Kami dari PT.SEKUNDANG MAJU BERSAMA, Adalah Perusahaan (Consultant bank guarantee & Surety Bond) Menawarkan Kerjasama dalam hal Penerbitan BANK GARANSI & Surety Bond , Serta penutupan kontrak lainnya, Dimana Bank Garansi & Asuransi yang kami tawarkan telah diterima diinstansi PEMERINTAH BUMN, SWASTA, PLN,CONOCO,CHEVRON, MABES,TOTAL, PERTAMINA ,DLL dan kami memberikan kemudahan diantaranya...Proses Cepat, Polis Kami Antar, Biaya Kompetitif,Tanpa Agunan/ Non Collateral

Jenis Jaminan Proyek :
1. Jaminan Penawaran/Bid ( Tender) Bond.
2. Jaminan Pelaksanaan/Performance Bond.
3. Jaminan Uang Muka/Advance.
4. Jaminan Pemeliharaan/Maintenance Bond.
5. Jaminan Pembayaran/Paymen Bond
6. Jaminan Penundaan Pembayaran bea masuk (Custom Bond)
7. Jaminan Construction All Risk , SP2D Akhir Tahun dan Jaminan Lainnya.

Jenis-jenis jaminan asuransi (surety bond) yang kami terbitkan antaranya sebagai berikut:
1. PT.ASURANSI ASKRINDO
2. PT.ASURANSI JASINDO
3. PT.ASURANSI ASEI
4. PT.ASURANSI JAMKRINDO
5. PT.ASURANSI SINARMAS
6. PT.ASURANSI ASKRIDA
7. PT.ASURANSI BUMIDA
8. PT.ASURANSI ACA
9. PT.ASURANSI MEGA PRATAMA
10.PT.ASURANSI BOSOWA PERISKOP
11.PT.ASURANSI RAYA
12.PT.ASURANSI BERDIKARI
13.PT.ASURANSI RAMAYANA
14.PT.ASURANSI REKAPITAL,DLL

Jenis-jenis Bank Garansi (Bank Guarantee) Yang Kami Terbitkan antaranya sebagai berikut:
1. BANK MANDIRI
2. BANK BRI
3. BANK BNI
4. BANK BTN
5. BANK BCA
6. BANK SINARMAS
6. BANK BII
7. BANK BUKOPIN
8. BANK EXIM
9. BANK BPD DKI
10.BANK BPD JATIM
11.BANK BPD SUMSEL
12.BANK BPD JAB,DLL

Beberapa Jenis Asuransi Kerugian Umum :
1. Asuransi Pengangkutan
2. Asuransi Pengangkutan Barang (Cargo Insurance)
3. Asuransi Pengangkutan Melalui Laut (Marine Cargo)
4. Asuransi Pengangkutan Melalui Darat (Land Cargo)
5. Asuransi Pengangkutan Melalui Udara (Air Cargo)
6. Asuransi Rangka Kapal (Marine Hull)
7. Asuransi Pesawat Terbang (Avition)
8. Asuransi Rekayasa Tehnik (Engineering)
9. Asuransi Kendaraan (Vehicle Insurance)
10.Asuransi Kebakaran (Fire Insurance) Dan Jaminan Asuransi Kerugian Lainnya

Demikianlah penawaran ini kami sampaikan, semoga dapat menjalin kerjasama dan berkesinambungan dimasa yang akan datang,atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Best Regard.
ZEKI SAPUTRA

PT. SEKUNDANG MAJU BERSAMA
Agent - Insurance – Bank Guarantee Surety Bond
Jl. Kayu Manis lV No.16 RT 008 RW 003, Matraman Jakarta - Timur 13130
Hp/WhatsApp : 085368072394
Telpon : 021-2289 6093
Fax : 021-2232 6174
E-mail : zeki.insurance@gmail.com



24 Februari 2020 pukul 21.10

Posting Komentar